Di Rembang, KPU Verifikasi Faktual Satu Parpol

Friday, 15 December 2017 | 17:47 WIB

Logo KPU.

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang hanya akan memverifikasi faktual satu saja partai politik (Parpol), yaitu Partai Perindo, sejak tanggal 15 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018.

Hal itu karena Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak mendaftar di KPU Rembang, sedangkan sepuluh partai politik yang pernah mengikuti Pemilu tahun 2014, sementara ini diputuskan tidak dilakukan verifikasi faktual oleh KPU.

KPU Republik Indonesia mengumumkan 12 Parpol lolos penelitian administrasi, yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, PAN, Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Hanura, PPP, PKS, Partai Perindo, dan PSI.

“Verifikasi faktual meliputi kepengurusan, domisili kantor, dan keterwakilan perempuan. Setelah itu, KPU mengambil sampel 10 persen dari data keanggotaan yang diserahkan,” ujar Komisioner KPU Kabupaten Rembang Maftukhin.

Saat mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2019 di KPU Rembang, Partai Perindo menyerahkan sebanyak 1.087 data dukungan. Namun sampai dengan masa perbaikan, data dukungan memenuhi syarat tinggal sebanyak 1.016 orang.

“Terhadap Partai Berkarya dan Garuda yang sempat mendaftar di Rembang, tetapi dinyatakan tidak lolos hasil penelitian administrasi di tingkat Pusat, silakan melakukan sengketa kepada Bawaslu,” terang Maftukhin.

Apapun putusan Badan Pengawas Pemilu, menurutnya, berarti penting karena putusan Bawaslu bersifat mengikat, sehingga KPU wajib menindaklanjuti. Maftukhin menyebut, “bola” kini berpindah menjadi kewenangan Bawaslu RI.

Sementara itu, di luar Parpol kelompok pertama yang telah diumumkan hasil penelitian administrasinya, KPU Kabupaten Rembang menanti penyerahan dokumen perbaikan dari Parpol kelompok kedua, yang berakhir Jumat (15/12/2017).

“Di Rembang, dari sembilan Parpol hasil putusan Bawaslu, hanya Partai Idaman dan PKPI yang mendaftar ke KPU, dan kemudian dilakukan penelitian administrasi. Namun, belakangan, PBB menyusul menyerahkan dokumen data dukungan,” katanya.

Di masa perbaikan ini, enam Parpol di luar PBB, PKPI, dan Idaman, masih boleh menyerahkan data dukungan, tetapi tidak ada lagi waktu perbaikan. Sebab KPU akan meneliti administrasi dan verifikasi kegandaan sejak 16-22 Desember 2017.

 

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan