Desa Diminta Segera Selesaikan APBDes 2018

Jumat, 9 Februari 2018 | 18:20 WIB

Ilustrasi. (Foto: http://www.cirebontrust.com/)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah desa diminta segera menyelesaikan Perdes tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2018.

Sebab, Perdes ini adalah syarat utama untuk mencairkan dana desa tahap pertama setelah ditransfer ke rekening desa setempat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Rembang Sulistyono mengatakan, sebenarnya Perdes APBDes 2018 sudah harus selesai pada 31 Desember 2017.

“Namun karena aturan dari Menteri Keuangan baru turun 8 Januari 2018, perlu ada revisi Perbup,” terangnya.

Sementara, Perbup tentang dana desa, alokasi dana desa, dan dana bagi hasil baru ditandatangani oleh Bupati pada Kamis 8 Februari kemarin.

Sulistyono mengaku belum tahu jumlah desa yang sudah menyelesaikan Perdes APBDes-nya pada Jumat (9/2/2018) ini karena belum direkap.

“Kami belum punya data yang akurat soal berapa desa yang sudah menyelesaikan Perdes APBDes,” katanya.

Perdes APBDes ditargetkan selesai pada Februari ini. Untuk memastikannya, Sulistyono berjanji turun langsung ke kecamatan-kecamatan guna sosialisasi.

“Kami akan mengumpulkan Kades dan Ketua BPD di tiap kecamatan untuk mempercepat pembuatan APBDes,” bebernya.

Kepala Dinpermades juga mengatakan, jika pada 2017 pencairan dana desa mesti menunggu selesainya APBDes di desa lain dalam satu kecamatan, maka pada tahun 2018, kebijakan ini tak lagi berlaku.

“Desa yang sudah selesai Perdes APBDesnya, bisa melakukan pencairan tahap pertama,” terangnya.

Menurut Sulistyono, cara yang demikian, diharapkan bisa menjadi penghargaan bagi desa yang rajin, sekaligus memacu desa-desa yang malas.

Cara lama yang saling menunggu, disebutnya membuat pencairan dana desa menjadi molor, sehingga menyendat pelaksanaan pembangunan.

Ia menambahkan, dana desa tidak lagi dicairkan dalam dua tahap, 60 persen lalu 40 persen. Tetapi, menjadi tiga tahap.

“Tahap pertama 20 persen paling cepat cair Februari, tahap kedua 40 persen paling cepat cair Maret, dan tahap ketiga 40 persen paling cepat cair bulan Juli,” imbuhnya.

Tahun ini, jumlah dana desa yang diterima di Kabupaten Rembang naik satu miliar rupiah dibandingkan tahun 2017.

“Tahun lalu, dana desa untuk Rembang sebesar Rp228 miliar, maka di tahun 2018, jumlahnya sebesar Rp229 miliar lebih,” ujarnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan