Delapan Hektare Hutan Mantingan Dikhawatirkan Kebakaran

Kamis, 30 Agustus 2012 | 10:21 WIB

REMBANG, mataairradio.net – Kebakaran yang marak terjadi di Kabupaten Rembang mulai memunculkan kekhawatiran Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Mantingan. Pasalnya, sedikitnya 8 hektare kawasan hutan di KPH itu rawan kebakaran.

“Hasil pemetaan dari tiap-tiap BKPH, ada sekitar 8 hektare wilayah hutan yang rawan kebakaran. Kerawanan itu antara lain karena lokasi hutan yang dekat dengan kebun tebu milik warga,” terang Ajun Administratur Perum Perhutani KPH Mantingan, Moh Rizqon, Kamis (30/8).

Apalagi, katanya, masih dijumpai warga yang melewati kawasan hutan, namun membuang puntung rokoknya yang masih menyala secara sembarangan.

“Yang demikian bisa memicu kebakaran. Selain itu, kebiasaan petani yang membakar lahan tebu pascatebang juga menyimpan kerawanan. Perlu kewaspadaan,” katanya.

Ditambahkan, 8 hektare kawasan hutan yang rawan kebakaran itu menyimpan banyak tanaman keras berumur lebih dari 5 tahun.

“Jika sampai terbakar, rugi sangat kami besar,” katanya. (Puji) 

———-

mataairradio.net! satuspersen rembang




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan