Calon Perseorangan Butuh 41 Ribu Untuk Maju Pilkada Rembang

Kamis, 17 Oktober 2019 | 18:04 WIB

Form B1-kwk yaitu form dukungan masyarakat untuk calon perseorangan. (Foto: mataairradio.com)

REMBANG, mataairradio.com Tahapan Pilkada Rembang 2020 sudah dimulai dengan sosialisasi untuk calon perseorangan. Tahapan ini menjadi lebih awal sebab membutuhkan waktu mengumpulkan dukungan sebagai syarat pendaftaran calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup).

Komisioner KPU Rembang Zaenal Arifin menyatakan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi awal dengan data infografis di laman resmi KPU Rembang dan beberapa media sosial milik KPU. Selain itu pihaknya juga memberikan surat yang berisi jadwal serta form B1-kwk yaitu form dukungan masyarakat untuk calon perseorangan.

Surat tersebut diberikan kepada beberapa pihak seperti Ormas, LSM, tokoh masyarakat dan dua pasangan bakal calon perseorangan yaitu Gusno-Dharmawan dan Karyono-Zaenal yang disebut-sebut sudah mendeklarasikan diri akan maju dalam kontestasi 2020 mendatang.

“Kita sudah sosialisasi tahap awal Mas, dengan memberikan infografis dan juga surat berupa jadwal serta form dukungan,” ungkapnya.

Arifin menambahkan syarat bakal calon perseorangan bisa mendaftarkan diri untuk maju pada Pilkada Rembang mendatang yaitu mendapatkan dukungan sebanyak 8,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2019 lalu.

Artinya bakal calon perseorangan nanti perlu 41.484 dukungan karena jumlah DPT pada Pemilu terakhir yaitu 488.042 suara. Syarat selanjutnya selain mengisi form dukungan, harus dilampiri fotocopy KTP-el untuk validasi data.

Setelah bakal calon perseorangan mengumpulkan dukungan tersebut, pihak KPU secara resmi akan membuka jadwal penyerahan dukungan yaitu mulai 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020.

“Jika sudah mengumpulkan dukungan, maka kita akan buat jadwal penyerahan berkas,” pungkasnya.

Komisioner asal Sulang ini juga menambahkan jika bakal calon perseorangan bisa mengumpulkan dukungan mulai sekarang. Sehingga saat pembukaan pendaftaran Cabup dan Cawabup pada Juni 2020 tiket untuk mengikuti kontestasi Pilkada bisa terpenuhi.

Penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor : Mohammad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan