Calon Kades Terpilih Dilantik Sebelum Tahun Baru

Kamis, 1 Desember 2016 | 13:47 WIB
Kepala desa baru, dilantik oleh Bupati Rembang Moch Salim pada akhir tahun 2013. (Foto: Pujianto)

Kepala desa baru, dilantik oleh Bupati Rembang Moch Salim pada akhir tahun 2013. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Calon kades terpilih hasil pemilihan kepala desa secara serentak 30 November kemarin akan dilantik oleh Bupati Rembang sebelum tahun baru 2017.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Rembang Akhsanuddin, Kamis (1/12/2016) menjelaskan, pelantikan itu agar kepala desa yang baru bisa secepatnya bekerja.

“Kita merencanakan pelantikan calon kepala desa terpilih, sebelum Desember berakhir agar mereka bisa langsung efektif bekerja di awal 2017,” katanya saat dihubugi mataairradio.com.

Ia pun menjelaskan, pelantikan kepala desa dilakukan setelah Bupati menerbitkan surat keputusan (SK) pengangkatan dan setelahnya juga akan dilakukan pembekalan secara teknis.

“Agar pelantikan kades bisa terlaksana sebelum Desember berakhir, maka saat ini, BPD sudah kita imbau agar secepatnya mengirimkan surat ke Bupati guna penetapan calon terpilih,” terangnya.

Akhsanuddin menegaskan, perbincangan secara lebih terperinci mengenai waktu pelantikan dengan Bupati Rembang belum dilakukan karena pada saat sekarang, Abdul Hafidz sedang di Banyumas.

“Soal waktu pelantikan, belum sempat kami bicarakan dengan Pak Bupati. Tetapi mengenai hasil Pilkades, tadi malam sudah kita sampaikan ke beliau setelah data terkumpul pukul 20.30,” paparnya.

Sementara itu, mengenai sanggahan atau protes atau perselisihan hasil Pilkades, Akhsanuddin menyatakan tidak ada karena biasanya protes itu disampaikan langsung ketika penghitungan suara selesai.

“Melihat reaksi yang terpantau setelah penghitungan suara selesai dan selisih hasil perolehan suara antara pemenang dan pesaing terdekatnya rata-rata besar, maka protes atau sanggahan kemungkinan kecil,” katanya.

Hanya saja, jika pun ada perselisihan, maka menurut ketentuan, Bupati berkewenangan memberikan waktu 30 hari untuk penyelesaian dan itu sebelum penetapan kades terpilih oleh Kepala Daerah.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan