BPBD Belum Miliki Sendiri SAR

Sabtu, 10 November 2012 | 19:10 WIB


Rembang – MataAirRadio.net Menjelang datangnya musim hujan yang disebut memiliki banyak kerawanan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rembang ternyata belum memiliki sendiri satu tim SAR atau regu penolong khusus.
Namun, menurut Kepala BPBD Kabupaten Rembang, Suharso yang ditemui reporter MataAir Radio belum lama ini, pihaknya tetap menyiapkan satu tim reaksi cepat yang sekaligus difungsikan sebagai regu penolong atau SAR gabungan dari personel Pramuka dan Dinas Perhubungan setempat.
Suharso juga mengatakan, kendati pihaknya belum memiliki sendiri tim SAR, namun sejumlah peralatan SAR untuk penanganan pertama, pihaknya menyatakan sudah memilikinya, seperti perahu, tenda, dan kebutuhan untuk pertolongan pertama misanya tali temali.

Kepala BPBD Kabupaten Rembang Suharso menambahkan, pihaknya sudah mendesain penanganan cepat dari sebuah kejadian bencana. Untuk menekan kemungkinan jatuhnya korban, BPBD pun berjanji melakukan deteksi dini kerusakan.
Hanya, tetap saja Suharso berharap partisipasi aktif masyarakat. Mengenai ada atau tidaknya perhatian nyata dari Pemerintah untuk penanganan pascabencana, pihaknya mensyaratkan adanya laporan dari masyarakat yang disertai bukti kejadian bencana. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan