Berkas Tidak Lengkap, Perindo Gagal Mendaftar Hari Ini

Senin, 9 Oktober 2017 | 19:36 WIB

Penghubung Partai Perindo menyerahkan berkas pendaftaran Parpol kepada Ketua KPU Rembang Minanus Suud, Senin (9/10/2017). Namun pendaftaran Perindo gagal karena berkas terdapat kekurangan. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, matairradio.com – Pihak DPD Partai Perindo Kabupaten Rembang mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Senin (9/10/2017) siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Mereka bermaksud mendaftarkan diri kepada KPU guna menjadi calon peserta Pemilu 2019. Ada tiga dokumen diserahkan yaitu daftar nama dan alamat anggota, serta fotokopi KTP dan KTA.

Total daftar nama dan alamat anggota Partai Perindo yang diserahkan sebanyak 1.029 orang. Namun setelah dicek oleh pihak KPU, ternyata terdapat ketidaksesuaian karena ada 95 nama keselip.

“Daftar nama dan alamat kita hitung. KTP dan KTA juga kita hitung. Daftar nama ada yang keselip 95 orang karena tidak ikut tercetak. Kita tawarkan dilengkapi,” kata Komisioner KPU, Maftukhin.

Selain itu, setelah juga dicek, KTP dan KTA pun belum dinomori oleh pihak partai, sedangkan KPU memintanya. Pihak Partai Perindo lalu memilih untuk melengkapi dulu berkas-berkas tersebut.

“Kami belum bisa berikan tanda terima berkas sebagai tanda telah mendaftar. Tapi kita berikan checklist bahwa belum lengkap. Bisa dikirim lagi hingga pukul 00.00 16 Oktober nanti,” ujar dia.

Maftukhin menambahkan, selain Partai Perindo, sejumlah partai politik telah melakukan konsultasi dengan KPU mengenai pendaftaran Parpol peserta Pemilu 2019 di antaranya PDIP dan Hanura.

“Tadi PDIP datang konsultasi. Kemarin Hanura, via telepon. Nasdem juga; rencananya tanggal 11 Oktober mendaftar. PPP tanggal 12 dan Partai Gerindra tanggal 13 Oktober 2017,” ujarnya.

Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Rembang Budi Sutopo mengonfirmasi beberapa kekurangan yang disampaikan oleh pihak KPU. Pihaknya akan segera melengkapi dan datang kembali mendaftar.

Mengenai target partainya, ia menyebut, Perindo berhasrat lolos Pemilu 2019 dan merebut enam kursi parlemen yang diyakini diperoleh pihaknya dari Pamotan, Sale, Rembang, Kaliori, dan Sumber.

Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Rembang meminta kepada Parpol agar memastikan kelengkapan berkas-berkas pendaftaran, agar proses pemeriksaan dokumen di KPU berjalan lancar.

“Waktu pendaftaran tinggal satu pekan, kalau berkas-berkas yang diserahkan masih banyak yang kurang, khawatir waktu yang disediakan tidak mencukupi untuk proses perbaikan,” ujar Anggota Panwaslu MD Muttaqiin.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan