Berkas Kasus Salim Segera Selesai Diteliti Kejati

Sabtu, 31 Agustus 2013 | 17:03 WIB
Eko Suwarni, Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jawa Tengah.

Eko Suwarni, Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jawa Tengah.

REMBANG, MataAirRadio.net – Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah segera menyelesaikan penelitian berkas kasus dugaan korupsi penyertaan modal ke PT Rembang Bangkit Sejahtera Jaya yang menyeret Bupati Rembang Mochammad Salim sebagai tersangka.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jawa Tengah Eko Suwarni yang dihubungi MataAir Radio dari Rembang mengatakan, sampai dengan Sabtu (31/8) ini, penelitian berkas kasus Salim masih berlangsung.

Menurutnya, jaksa peneliti tidak menemukan kendala dalam meneliti berkas kasus korupsi yang merugikan negara hingga empat miliar rupiah itu. Pergantian Kepala Kejati Jawa Tengah dari Arnold Angkouw ke Babul Khoir Harahap pun, tidak memengaruhi jalannya penelitian berkas.

Namun, penelitian memakan waktu karena jumlah personel jaksa di Kejati terbatas, sementara jumlah kasus yang ditangani kejaksaan tinggi cukup banyak.

Mantan Kasi Intelijen di Kejaksaan Negeri Semarang pada 2003 itu mengaku tidak bisa memastikan kapan berkas tersebut selesai diteliti. Akan tetapi, karena penelitian tidak mandek, maka prosesnya akan segera tuntas.

Seperti diketahui, apabila berkas kasus Salim ini dinyatakan lengkap atau P-21 oleh Kejati Jawa Tengah, pengadilan perkara korupsi penyertaan modal senilai Rp35 miliar ini akan segera digelar.

Eko Suwarni menegaskan, penelitian berkas perlu dimatangkan dan dimantapkan, agar saat dilimpahkan ke jaksa penuntut, tidak lama setelah itu bisa dilanjutkan ke persidangan.

Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah mendapat pelimpahan berkas kasus Salim dari Kepolisian Daerah Jawa Tengah pada setelah Lebaran kemarin. Polda Jateng sendiri kini tengah menanti turunnya surat izin dari Presiden untuk menahan orang nomor satu di Rembang ini.

Namun, jika pun surat dari Presiden belum turun, Polda tetap berwenang menahan Mochammad Salim. Hal itu, apabila sampai dengan 60 hari setelah surat dikirimkan, belum ada balasan yang diterima dari Presiden. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



2 comments
  1. lukman hidayat

    September 18, 2013 at 2:57 pm

    memang hukum harus ditegakkan ,tp harus menjujung nilai asas praduga tak bersalah

    Reply
  2. lukman hidayat

    September 18, 2013 at 2:58 pm

    memang hukum harus di tegakkan di bumi rembang agar kasus serupa tak terulang lagi ujung2nya rakyat yang kena imbasnya

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan