Berikut Istilah Penting Tentang Covid-19, Anda Harus Tahu

Selasa, 24 Maret 2020 | 18:35 WIB

Ilustrasi. (Foto: AyoBandung.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rembang Ali Syofii menjelaskan beberapa istilah penting terkait Covid-19 (Coronavirus Disease) yang harus dipahami oleh masyarakat.

Karena menurut Ali, jika masyarakat paham dengan istilah-istilah yang berkaitan dengan virus corona, maka akan timbul kesadaran untuk waspada.

Beberapa istilah tersebut diantara adalah, ODP (Orang Dalam Pemantau), PDP (Pasien Dalam Pengawasan), PP (Pelaku Perjalanan), dan +Covid-19 (Positif Coronavirus Disease).

Sebagaimana yang Kepala Dinkes Rembang jelaskan, ODP adalah orang yang pernah berkunjung ke sebuah tempat yang diyakini sudah terjadi penyebaran Covid-19 atau kontak langsung dengan pasien yang sudah positif terjangkit virus corona.

Sedangkan yang dimaksud PDP adalah ODP yang kemudian sakit dan menunjukan gejala yang mengarah ke influenza sedang maupun berat.

“Ada lagi yang namanya PP atau Pelaku Perjalanan. Kalau Positif Covid-19 itu pasien dalam pengawasan yang setelah dilakukan tes dan pemeriksaan ternyata hasilnya positif terjangkit virus corona,” terangnya.

Lalu ada istilah lockdown atau karantina wilayah, maksudnya adalah upaya untuk memutus mata-rantai penularan Covid-19 dengan melakukan pengawasan ketat di semua wilayah negara dan mengunci aktivitas keluar-masuk orang dari suatu wilayah.

“Social distancing (Pembatasan Sosial) adalah imbuan yang dilakukan oleh masyarakat untuk menjauhi kerumunan dan menjaga jarak satu sama lain untuk meminimalisir penyebaran virus corona,” imbuhnya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan