Bawaslu Rembang Ingatkan Bupati Tidak Rotasi dan Mutasi ASN

Kamis, 31 Oktober 2019 | 16:56 WIB

Bupati Rembang Abdul Hafidz. (Foto: Pujianto)

REMBANG, mataairradio.com – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten (Bawaslu) Rembang mengingatkan Bupati Rembang Abdul Hafidz untuk tidak melakukan rotasi dan mutasi jabatan aparatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Rembang enam bulan sebelum penetapan pasangan calon (paslon) dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Ketua Bawaslu setempat Totok Suparyanto menyatakan sudah mengirim surat resmi kepada Bupati pada Kamis (31/10/2019) pagi yang berisi larangan rotasi atau mutasi jabatan ASN jelang pemilu yang tersebut jelas termaktub dalam Pasal 71 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang pemilihan gubernur, bupati dan wali kota.

Pasalnya, dalam beberapa pemberitaan media di Rembang, Abdul Hafidz sudah mendeklarasikan diri akan maju kembali menjadi calon Kepala Daerah periode mendatang. Mutasi ASN sendiri dalam waktu menjelang penetapan hanya diperbolehkan jika mendapatkan ijin dari Gubernur Jawa Tengah.

Sesuai dalam Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019, penetapan paslon untuk Pilkada Serentak 2020 dijadwalkan pada 8 Juli 2020. Artinya, kepala daerah tidak boleh melakukan rotasi atau mutasi jabatan ASN terhitung mulai 8 Januari 2020.

“Hari ini kita sudah kirim surat mas, untuk mengingatkan Bupati jika ada aturan tersebut,” ungkapnya

Disinggung terkait sanksi, Totok menegaskan akan ada pembatalan atau diskualifikasi terhadap berkas calon petahana tersebut. Sehingga petahana tidak bisa mengikuti Pilkada 2020 jika melanggar aturan ini.

Dirinya menambahkan bahwa semangat lahirnya aturan tersebut untuk meminimalisir kecurangan serta melarang kepala daerah menggunakan wewenangnya untuk menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon pada kontestasi Pilkada 2020.

“Ya mungkin semangatnya mencegah Kepala Daerah sewenang-wenang mengganti pejabat yang tidak sejalan, artinya tidak sejalan bisa ditafsirkan dalam hal dukungan ketika kontestasi,” pungkasnya.

Totok juga mengingatkan kepada ASN maupun kepala desa agar netral dalam pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang.

Penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor: Mohammad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan