Batas Akhir Pelunasan BPIH, 28 Calhaj Gagal Berangkat

Jumat, 10 Juni 2016 | 15:23 WIB
Jemaah haji asal Kloter 17 Rembang tiba di Gedung Haji Rembang, Senin (5/10/2015) siang. (Foto: Pujianto)

Jemaah haji asal Kloter 17 Rembang tiba di Gedung Haji Rembang, Senin (5/10/2015) siang. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – 28 orang calon haji dari Kabupaten Rembang dinyatakan gagal berangkat haji tahun ini antara lain karena meninggal dunia.

Hal tersebut terungkap dari daftar pelunas biaya pemberangkatan ibadah haji (BPIH) tahun 2016 yang batas akhirnya jatuh pada Jumat (10/6/2016) pukul 15.00 WIB.

“Positif yang tidak melunasi 28 orang. 10 orang meninggal dunia, yang lainnya sakit dan sebab lain,” ujar Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kantor Kemenag Rembang Shalehuddin.

Rincian mereka yang tidak melunasi BPIH masing-masing 12 orang dari Kecamatan Rembang, 7 dari Kecamatan Sarang, 3 dari Kecamatan Pamotan, masing-masing 2 dari Kecamatan Sumber dan Pancur, serta masing-masing 1 dari Kecamatan Sedan dan Lasem.

Ia menjelaskan, dengan gagal berangkat 28 orang calon haji dari Rembang, maka akan ada kalkulasi secara Jawa Tengah mengenai penyikapan kuota di tiap kabupaten/kota.

“Jadi tidak bisa, yang cadangan langsung masuk menggantikan yang 28 itu. Mekanismenya tidak demikian, tetapi dihitung dulu secara Jawa Tengah baru nanti didistribusikan lagi,” terangnya.

Menurutnya, karena ada kalkulasi tersebut, maka jumlah kuota calon haji asal Kabupaten Rembang selain 776 yang sudah melunasi, bisa berkurang atau bertambah.

“Jadi nanti akan ditata lewat sistem tentang calon haji yang lansia dan yang berpasangan. Untuk ini, kita menunggu dari Pusat lewat Provinsi. Soal pelunasan nanti 20-30 Juni,” jelasnya.

Sementara itu, terhadap mereka yang sudah melunasi BPIH, pihak Kantor Kemenag Rembang mengaku masih akan menunggu pelunasan di tahap kedua, untuk menyusun jadwal manasik.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan