Arus Balik, Pengendara Diingatkan Tidak Terlena Jalur Mulus

Sabtu, 9 Juli 2016 | 18:44 WIB
Pengguna arus balik Lebaran terpantau singgah sejenak di SPBU Gajahmada, Sabtu (9/7/2016) siang. (Foto: Pujianto)

Pengguna arus balik Lebaran terpantau singgah sejenak di SPBU Gajahmada, Sabtu (9/7/2016) siang. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Satuan Lalu Lintas Polres Rembang memprediksi puncak arus balik Lebaran 2016 terjadi pada hari Sabtu dan Minggu (10/7/2016).

Namun berdasarkan pantauan arus lalu lintas di Jalur Pantura Kabupaten Rembang, lonjakan arus balik pemudik dilihat dari plat nomor kendaraan Jakarta dan sekitarnya, belum tampak.

Antrean kendaraan di sejumlah SPBU di wilayah Pantura Kecamatan Rembang hingga Kaliori, juga terpantau normal alias tidak terjadi penumpukan armada pemudik.

Kepala Satlantas Polres Rembang AKP Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi, Sabtu (9/7/2016) siang mengatakan, secara kasatmata antara arus mudik dengan arus balik, tingkat kepadatannya belum jauh berbeda.

“Secara persentase lonjakan arus balik pada hari ini, kita belum mengarah ke sana. Bila dilihat kasatmata antara arus mudik dan arus baliknya belum jauh berbeda,” terangnya.

Meskipun demikian, pihaknya tetap melakukan antisipasi puncak arus balik Lebaran, sebagaimana yang dilakukan saat menyikapi arus mudik jelang perayaan Idul Fitri 1437 Hijriah.

“Antisipasi masih sama seperti sebelum Lebaran. Kita melakukan pengamanan lajur dan patroli guna mengantisipasi kecelakaan,” ujarnya kepada kepada reporter mataairradio.

Secara khusus, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati menggunakan Jalur Pantura, karena lengangnya tingkat arus lalu lintas, bisa melalaikan pengendara atau pengemudi.

“Silakan istirahat di pos pelayanan atau pengamanan yang tersedia. Jangan memaksakan berkendara atau mengemudi ketika sudah terasa capai,” pungkasnya.

Pada masa arus mudik Lebaran 2016, beberapa insiden kecelakaan terjadi di Jalur Pantura Rembang, sebagian di antaranya merupakan kecelakaan tunggal, alias tanpa melibatkan kendaraan lain.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan