Ansor-Banser Bersama Warga Tertibkan Jamban Liar

Minggu, 31 Juli 2016 | 23:13 WIB
Banser bersama warga Desa Sukoharjo Kecamatan Rembang membersihkan pantai dari sampah dan jamban liar di tepi pantai desa setempat, Minggu (31/7/2016) sore. (Foto: Pujianto)

Banser bersama warga Desa Sukoharjo Kecamatan Rembang membersihkan pantai dari sampah dan jamban liar di tepi pantai desa setempat, Minggu (31/7/2016) sore. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Barisan Ansor Serbaguna Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Rembang membersihkan Pantai Desa Sukoharjo Kecamatan Rembang dari sampah dan jamban liar, Minggu (31/7/2016) sore.

Aksi sosial tersebut sekaligus mengampanyekan gerakan bersih pantai dan ajakan untuk tidak memunggungi laut agar kebersihan pantai tetap terjaga.

Kepala Satkorcab Banser Kabupaten Rembang Zaenal Arifin mengatakan, gerakan tersebut untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan pantai.

“Mungkin, wilayah pantai lain sudah banyak yang memperhatikan. Jadi sore ini kita bersihkan Pantai Sukoharjo bersama warga di sini,” ujarnya.

Ia menyebut, wilayah Pantai Sukoharjo lumayan kumuh, sehingga perlu ditangani kebersihannya secara berkelanjutan dan agar warga yang kini masih buang air besar secara sembarangan jadi sungkan.

“Ketika warga menjadikan laut sebagai halaman depan, maka warga akan memiliki kemauan dalam menjaga dan menata lingkungan pantai,” ujar Zaenal.

Menurutnya, jika bersih, maka Pantai Sukoharjo bisa juga dikembangkan potensinya sebagai daerah wisata, misalnya dijadikan pemancingan di jerambah.

Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Rembang Hanies Cholil menambahkan, penertiban enam jamban liar di pesisir pantai lantaran pemerintah desa setempat berkomitmen menjadikan Sukoharjo sebagai Open Defecation Fre (ODF).

“Tadi kami bertemu dengan Kades, dan beliau mengatakan dalam jangka panjang setiap keluarga sudah memiliki jamban sehat sendiri. Ada 200 meter pantai yang kami bersihkan sore ini, dan akan terus berlanjut ke pantai lainnya,” ujarnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan