Alat Peraga Kampanye Liar di Rembang Akan Ditindak

Rabu, 21 Februari 2018 | 22:13 WIB

Alat Peraga Kampanye yang dipasang oleh tim sukses salah satu pasangan calon peserta Pilgub Jawa Tengah 2018 di Jalan Jendral Sudirman Rembang, Rabu (21/2/2018). (Foto: Mohammad Siroju Munir)

REMBANG, mataairradio.com – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Rembang segera menertibkan alat peraga kampanye (APK) liar.

Totok Suparyanto Ketua Panwaslih setempat menjelaskan mekanisme penertiban, pemasang alat peraga kampanye liar diberikan peringatan terlebih dahulu.

“Apabila dalam jangka waktu satu kali 24 jam tidak ada iktikad baik, maka kami bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan menertibkannya maksimal Kamis (22/2/2018),” ungkapnya.

Sementara itu, disinggung soal kapan pemasangan APK, Komisioner KPU Rembang Adib Ulinnuha menyatakan bahwa pemasangan APK masih menunggu logistik dari KPU Provinsi Jawa Tengah, sebab pengadaannya berada di KPU provinsi.

“Kalau titik pemasangan APK itu di tingkat kabupaten ada lima titik baliho. Sedangkan tingkat kecamatan ada 20 titik umbul-umbul dan tingkat desa dua titik spanduk,” imbuhnya saat dikonfirmasi mataairradio.com pada Rabu (21/2/2018).

Adib menyatakan bahwa APK yang nantinya rusak merupakan tanggungjawab pasangan calon. Namun apabila APK hilang, maka pasangan calon yang harus mengganti dengan catatan desain harus dari KPU provinsi.

“Pasangan calon boleh menduplikasi APK sebanyak 150 persen. Artinya, kalau ditingkat kecamatan ada 20 titik umbul-umbul, maka pasangan calon boleh menduplikasi sebanyak 30 umbul-umbul,” pungkasnya.

 

Penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor: Arif Bahtiar

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan