Aduan Indikasi Kecurangan Seleksi Perangkat Desa Dibahas Pekan Depan

Jumat, 15 Desember 2017 | 17:42 WIB

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rembang Gunasih (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak DPRD Kabupaten Rembang menyatakan akan mulai membahas aduan warga mengenai indikasi kecurangan dalam seleksi perangkat desa pada pekan depan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rembang Gunasih mengatakan, pembahasan itu menunggu kedatangan seluruh anggota Komisi A, yang kini sebagian besar masih dalam kunjungan kerja di Makassar.

Rencananya, pembahasan tidak hanya atas aduan dari warga di Kecamatan Sarang, tetapi juga dari Sumber, Sulang, dan Pancur. Pihak Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang juga akan dipanggil.

“Ada banyak aduan yang masuk ke DPRD soal seleksi pengangkatan perangkat desa. Dari Sarang, Sumber, Sulang, dan Pancur. Senin (18/12/2017) nanti kita bahas,” katanya pada Jumat (15/12/2017).

Setelah menerima banyak aduan mengenai indikasi kecurangan dalam seleksi perangkat desa di Kabupaten Rembang, Gunasih menyarankan agar pengangkatan perangkat desa dilakukan seperti dulu.

“Karena pengangkatan perangkat desa merupakan wewenang desa, maka biarkan seluruh rangkaian seleksi dilaksanakan di desa. Hasilnya dikoreksi bersama di desa biar lebih “fair”,” paparnya.

Bila seleksi dijadikan satu dan menggandeng pihak ketiga, Gunasih menilai akan rawan “pengaturan”. Karena di peraturan bupati sudah diatur jelas, ia usul, agar semua proses diserahkan ke desa.

“Target dari pembahasan aduan itu adalah agar di masa mendatang tidak lagi ada komplain-komplain seperti indikasi kecurangan dalam pengangkatan perangkat desa,” tegas Gunasih.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang Mashadi mengatakan, pengangkatan perangkat desa memang diserahkan kepada desa, dengan pengawasan dari kecamatan dan tim dari kabupaten.

“Soal pelibatan pihak ketiga, panitia desa yang memutuskan. Sebab, ada beberapa desa menggelar seleksi sendiri. Pemerintah kabupaten hanya memfasilitasi jika mau pakai pihak ketiga,” katanya.

Sejauh ini, belum ada pihak yang secara resmi mengadu kepadanya mengenai indikasi kecurangan dalam pengangkatan perangkat desa. Sebagian perangkat desa juga sudah dilantik oleh kepala desa.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan