47 Napi Diusulkan Remisi, 6 Bebas Langsung

Monday, 8 August 2016 | 18:05 WIB
Kepala Rutan Kelas IIB Rembang Suyatno saat memberikan keterangan pers perihal dua tahanan di rumah tahanan setempat yang kabur pada Rabu (3/2/2016). (Foto: Pujianto)

Kepala Rutan Kelas IIB Rembang Suyatno saat memberikan keterangan pers perihal dua tahanan di rumah tahanan setempat yang kabur pada Rabu (3/2/2016). (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – 47 orang narapidana penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Rembang diusulkan mendapat remisi umum di momentum Dirgahayu ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus mendatang.

Mereka yang diusulkan mendapat pengurangan masa hukuman ini, menurut Kepala Rutan Kelas IIB Rembang Suyatno, mesti sudah enam bulan menjalani pidana penjara, tidak pernah melanggar aturan kedisiplinan di rumah tahanan, dan tidak pernah membawa ponsel atau senjata tajam.

Ia menyebutkan, dari 47 narapidana yang diusulkan remisi, enam orang di antaranya akan menjadi bebas langsung, karena pengurangan yang diajukan itu, akan membuat masa hukuman mereka habis.

“Remisi yang kita usulkan bervariasi mulai satu hingga tiga bulan. Syaratnya mereka harus paling sedikit enam bulan menjalani hukuman, tidak pernah berkelahi, tidak membawa senjata tajam, dan tidak pernah membawa ponsel. Intinya tidak melanggar aturan disiplin di rutan,” katanya.

Suyatno mengungkapkan, enam napi yang jika usulan remisinya dikabulkan akan menjadi bebas langsung antara lain Sagiman terpidana tiga tahun kasus curas, Juwinto (32) terpidana dua tahun kasus curas, dan Rasmin (22) terpidana 18 bulan kasus pencurian.

Selain itu, juga Muniroh (47) dan Ulung Bayu Saputro (38) masing-masing terpidana dua tahun kasus penipuan serta Legiman Purba (54) napi dengan vonis satu tahun kasus penganiayaan.

“Ini baru pengusulan, namun biasanya dikabulkan. Asalkan tidak ada pelanggaran yang dilakukan calon penerima remisi di tengah perjalanan. Jika sudah mendapatkan SK remisi, kok melanggar, maka SK tersebut akan dicabut atau dibatalkan,” tegasnya.

Ia menambahkan, khusus untuk narapidana yang akan bebas langsung, akan dipulangkan tepat pada momen 17 Agustus mendatang atau seusai upacara Peringatan HUT RI yang dijadwalkan dilakukan di Rutan Rembang.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan