15 Parpol Dinyatakan Memenuhi Syarat di Rembang

Kamis, 8 Februari 2018 | 17:33 WIB

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Maftukhin. (Foto dikutip dari laman jawapos radar kudus)

 

REMBANG, mataairradio.com – 15 partai politik dinyatakan memenuhi syarat verifikasi faktual tingkat Kabupaten Rembang sebagai calon peserta pemilihan umum (Pemilu) 2019 oleh KPU setempat.

Hal ini terungkap saat KPU Kabupaten Rembang melakukan rekapitulasi hasil verifikasi faktual di Hotel Gajah Mada, Kamis (8/2/2018) siang. 15 Parpol ini terdiri atas 12 partai lama dan tiga partai baru.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Maftukhin mengatakan, rangkaian pendaftaran hingga muncul hasil verifikasi faktual Parpol berakhir 8 Februari ini. Setelah ini, rekapitulasi akan dilakukan di tingkat provinsi.

“Rekapitulasi di tingkat provinsi pada tanggal 11-12 Februari 2018. Di tanggal itu akan diketahui, mana-mana partai yang memenuhi syarat 75 persen kabupaten/kota yang lolos. Karena itu syarat nasional,” katanya.

Saat wawancara dengan mataairradio, Maftukhin juga mengatakan, PBB dan PKPI yang sempat tidak memenuhi semua item verifikasi faktual, akhirnya melengkapi sehingga dinyatakan memenuhi syarat.

“PBB yang menyerahkan 585 data baru keanggotaan pada akhir masa perbaikan tanggal 5 Februari lalu, mampu menghadirkan 30 orang anggota sebagai sampel. Lengkap dengan KTP dan KTA-nya,” katanya.

Sebelumnya PBB sudah mengantongi tiga anggota memenuhi syarat dari batas minimal 32 orang. Sementara PKPI, SK kepengurusan sudah diunggah di Sipol, sehingga sesuai dengan yang diverifikasi faktual.

Selain PBB dan PKPI, Parpol lama yang memenuhi syarat verifikasi faktual tingkat kabupaten di Rembang adalah Golkar, PDIP, PKB, Nasdem, PKS, PAN, Gerindra, Demokrat, Hanura, serta PPP.

Sementara Parpol baru yakni Partai Perindo, Garuda, dan Berkarya. Penetapan Parpol baru secara nasional akan dilakukan pada 17 Februari 2018 dan diumumkan secara nasional pada 19 Februari mendatang.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan