13 Kecamatan Perpanjang Pendaftaran Pengawas TPS Pilgub

Senin, 28 Mei 2018 | 16:27 WIB

Logo Bawaslu

 

REMBANG, mataairradio.com – 13 panitia pengawas Pemilu di tingkat kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Rembang memperpanjang masa pendaftaran pengawas TPS Pilgub Jateng 2018 yang semestinya berakhir pada 27 Mei kemarin.

Pasalnya, di 13 kecamatan itu, jumlah pendaftar pengawas TPS belum mencukupi dua kali kebutuhan atau dua orang. Perpanjangan masa pendaftaran ditentukan maksimal 30 Mei 2018 di setiap kecamatan setempat pada jam kerja.

“Dari 14 kecamatan hanya Sumber yang pendaftar pengawas TPS-nya sudah memenuhi dua kali kebutuhan per tempat pemungutan suara. Selebihnya, perpanjangan,” ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Rembang Totok Suparyanto.

Totok menjelaskan, kendala dalam rekrutmen pengawas TPS untuk Pilgub Jawa Tengah 2018 di antaranya soal syarat usia 25 tahun dan lulusan SMA. Kebanyakan lulusan SMA yang mendaftarkan diri, usianya belum 25 tahun.

“Selebihnya, mereka yang mendaftarkan diri sudah berusia 25 tahun, namun hanya berijazah SMP. Kendala lainnya adalah sebagian dari mereka yang memenuhi syarat sudah lebih dahulu terserap sebagai anggota KPPS di 1.300 TPS,” paparnya.

Kalau pun nanti jumlah pendaftar masih belum memenuhi dua kali kebutuhan, maka menurut Totok, seleksi akan dilanjutkan dengan misalnya hanya ada satu pendaftar per TPS. Seleksi dilanjutkan dengan wawancara, 1-2 Juni 2018.

“Pelantikan pengawas TPS yang semula kita rencanakan tanggal 3 Juni, kita geser menjadi pada 4 Juni 2018,” tandasnya.

Totok menambahkan, meskipun pihaknya sedang fokus memenuhi jumlah pengawas TPS, namun kualifikasi lain dari pendaftar tetap diperhatikan misalnya memastikan ketidakterlibatan dalam partai politik selama lima tahun.

“Kami menyisir data sistem informasi partai politik (Sipol). Jika ternyata pendaftar mengaku tidak tahu menahu kalau namanya tercantum di Sipol, maka yang bersangkutan diminta membuat pernyataan,” imbuhnya.

Namun jika keterlibatan pendaftar sebagai anggota Parpol terdeteksi secara faktual, yang bersangkutan akan langsung dicoret. Sebab, pengawas TPS adalah ujung tombak pengawasan pada saat pemungutan dan penghitungan suara.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan