1.300 TPS Pilgub Jateng di Rembang Diklaim Ramah Difabel

Jumat, 13 April 2018 | 16:55 WIB

Logo KPU.

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang menyiapkan fasilitas bagi difabel di 1.300 tempat pemungutan suara (TPS) Pilgub Jateng 2018.

Para penyandang tunanetra nantinya akan diberi template khusus untuk mencoblos.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Nurul Muasiroh menyebutkan, jumlah pemilih difabel yang sementara ini tercatat seribuan orang.

226 orang di antaranya adalah tunanetra. Lainnya, tunadaksa 316 orang, tunarungu-wicara 235 orang, tunagrahita 205 orang, dan ketunaan lainnya 164 orang.

“Tiap TPS akan kami sediakan template untuk pemilih yang menyandang tunanetra,” katanya.

Selain template bagi pemilih yang menyandang tunanetra, KPU juga memastikan bahwa TPS pada Pilgub nanti, ramah bagi tunadaksa, tunarungu-wicara, tunagrahita, dan ketunaan lainnya.

“Kaum difabel ini bisa didampingi oleh KPPS atau keluarga. Syaratnya, pendamping ini harus mengisi form yang sudah disediakan,” katanya.

Menurut Nurul, bentuk TPS nantinya dibuat lebih pendek, supaya para difabel yang menggunakan kursi roda tidak kesulitan saat berada di dalam tempat pemungutan suara.

“Dari sisi aksesibilitas, TPS harus mudah dijangkau, termasuk oleh difabel,” tegasnya.

Ia menambahkan, para panitia pemungutan suara (PPS) sudah diimbau agar membuat TPS yang dapat dijangkau para difabel.

“Sebab, mereka punya hak sama untuk menyalurkan suara memilih calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilgub 27 Juni mendatang,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan